Thursday, May 23, 2013

Seberapa pentingnya sih peran music entertainment dalam sebuah acara?

Menurut kami, dalam sebuah acara pesta, baik itu pesta pernikahan, ataupun ulang tahun, dan sebagainya, tidak bisa lepas dari musik sebagai pelengkap, entah itu musik dari band akustik, full band atau keyboard tunggal.

Kebayang ga, kalau hidup ini berjalan tanpa musik? Hambar banget! Ibarat makan sayur ga pake garem. Nah, apalagi kalo bikin acara seru tapi ga ada musik? Dijamin, pengunjung yang dateng bakal boring abis.


Contohnya, cafe yang agak esklusif sama cafe yang..mm...agak di pinggiran gitu, pasti rasanya beda. Kamu pasti lebih memilih Cafe yang bersih dan nyaman lalu ada band akustik yang menyajikan lagu2 yang ng-ademin hati, biarpun harga menu nya agak mahal. Kenapa? Karena fasilitas yang baik dan kualitas tempatnya yang bikin kamu betah nongkrong lama disitu. Apalagi ngobrol sambil diiringi lagu2 yg enak didengar pasti asyik.

Nah, kembali ke soal musik lagi nih. Sekarang kita ambil topiknya pesta pernikahan. Namanya pesta pernikahan, yang biasanya sekali seumur hidup, pastinya kamu maunya semua berjalan lancar dan sempurna, bener ga? Dari soal lokasi pesta, dekor, catering, sampai gaun pengantin dan lain2 pasti kamu maunya yang terbaik.( Tentunya dilihat dari budget yang tersedia ).

Namun, seringkali orang me'lupa'kan faktor music entertainment dalam mengadakan pesta pernikahan, dan dianggap kurang penting. Padahal, musik itu adalah pembungkus acara yang paling vital sebagai pengiring jalannya tema acara. 
( Ga mungkin banget kan, acara pernikahan lagu2nya malah lagu patah hati.. lol )

Kenapa dibilang vital? Perhatiin deh, dengan adanya musik pengiring yang baik kualitasnya, para tamu yang hadir bisa ikut terbawa suasana kegembiraan dari acara yang kamu adakan.
Kualitas musik yang baik ini adalah musik yang indah harmonisasi nya, dengan aransemen musik yang lembut, tidak memekakan telinga namun bisa dinikmati alunan melodinya sampai seluruh ruangan. Sehingga para tamu pun yang hadir bisa berbagi cerita tanpa harus ber'teriak-teriak'.
Selain itu, sound system yang dibutuhkan pun tidak bisa sembarangan, karena sound system yang baik juga sangat berpengaruh dalam bagus tidaknya suara yang keluar dari speaker. 

Oiya..Kenapa kami menulis hal ini di blog, karena kami percaya bahwa konsumen jaman sekarang semakin cerdas dalam mendengar musik. Mereka semakin bisa membedakan kualitas musik yang baik. Tapi sayangnya, banyak juga yang tidak mau tau dan peduli sebelum akhirnya suatu saat mereka membutuhkan kami para musisi. Dan, kami mengalami sendiri, datang ke sebuah pesta pernikahan dimana musiknya sangat mengganggu telinga, bahkan ada beberapa orang yang sampai menggoyang2kan kuping dan geleng2 kepala karena musiknya terlalu keras dan penyajian musiknya sangat standar. ( Membuat tamu jadi ga enjoy kan ). Lebih parah lagi, kami pernah melihat organ tunggal dengan satu vocalis tapi keyboardisnya tidak bermain sm sekali, hanya menggunakan program minus one lalu sang musisi pura2 bermain keyboard! Ini sungguh merendahkan derajat para musisi yang benar2 menjunjung tinggi etika bermusik. Kamu juga pasti ga mau ngeluarin kocek untuk kualitas semacam itu kan. Dan sekali lagi sayangnya, banyak orang yang tidak memperhatikan.

Namun, ada satu hal lagi yang harus dipahami. Pernah denger istilah, "ada harga ada barang" ? atau "harga tuh ga bohong". Nah, begitu juga dalam music entertainment ini. Perlu diketahui, seorang musisi sejati lebih mengutamakan kualitas musik yang mereka bawakan. Bukan hanya lagu2 nya, tapi juga kualitas alat musik dan sound systemnya. Mereka sangat memperhatikan. Oleh sebab itu, mereka memiliki standar harga tersendiri yang disesuaikan dengan kemampuan bermusik mereka. Memang ada yang tinggi, ada yang standar juga ada yang murah. Tapi percaya deh, dari fee saja sebetulnya bisa terlihat perbedaan penampilan masing2 musisi secara keseluruhan. Jangan terburu2 menentukan pilihan hanya karena budget minim. Pasti kamu ga mau dong, pesta kamu jadi kurang sempurna gara2 musik yang kamu pilih terlalu di bawah standar. :)

Jadi, kami berharap semoga saja dari tulisan ini bisa menjadi bahan pertimbangan kamu dalam memilih musik yang berkualitas untuk acara kamu, dan mudah2an akan membuka pikiran kamu2 bahwa music entertainment itu sangat penting dan tidak bisa di'anaktiri'kan atau dianggap hanya sebagai ornamen pesta semata. Jika memang budget yang ada tidak memungkinkan untuk menyewa full band musik yang berkualitas standar dan baik, kamu bisa bernegosiasi dengan musisi nya kira2 dengan budget minim bisa menampilkan musik seperti apa. Pasti mereka mau membantu kok. tapi kalau kamu tetep ngotot mau musik yang bagus dengan harga sangat minim, pakai aja CD player. Bagus dan Irit. Beres kan? he..he.. Salam.